Breaking

Minggu, 28 Mei 2017

Cara Menulis Han-geul

안녕하세요 여러분
Kursus Eps-Topik Online, sebelumnya kita sudah mempelajari huruf vokal standarvokal gandakonsonan, dan konsonan ganda. tentunya temen-temen sudah pada hafal semua selanjutnya kita akan mempelajari cara penulisan huruf Han-geul.
Penulisan huruf han-geul tidak seperti dalam penyusunan huruf romawi yang ditulis berjajar secara mendatar dalam satu kata. Beda halnya dalam penyusunan huruf han-geul bisa ditulis sejajar ataupun menurun per blok suku kata, tergantung dari jenis huruf vokal yang mengikuti konsonannya.
Penulisan kata dalam han-geul ditulis berdasarkan penggalan suku kata. Dalam satu suku kata atau satu blok suku kata bisa terdiri dari satu, dua, tiga, bahkan empat huruf dalam satu blok suku kata.
Sebagai contoh, kita akan menulis kata hangugô [artinya: bahasa Korea; dibaca han-gu-gô]. Bila dipisah berdasarkan penggalan suku kata, maka kata hangugô terdiri dari 3 suku kata, yaitu han-gu-gô [bila dipenggal berdasarkan aturan suku kata dalam bahasa Indonesia], tapi sebenarnya penulisan penggalan suku kata asli bahasa Koreanya adalah han-gug-ô yaitu bentukan dari kata han-guk [korea] dan ô [bahasa], maka kita akan menulis berdasarkan penggalan suku kata asli bahasa Korea yaitu han-gug-ô.
  • Pertama yang kita tulis adalah suku kata ke-1 yaitu suku kata ‘han’, terdiri dari 3 huruf h [ㅎ], a [ㅏ], dan n [ㄴ]. Yang harus kita perhatikan adalah jenis huruf vokalnya, yaitu huruf vokal a, a [ㅏ] termasuk huruf vokal berdiri, maka penulisannya harus mendatar/sejajar. Jadi pertama kita tulis h [ㅎ] lalu a [ㅏ] di sampingnya/sejajar. Karena dalam satu blok suku kata hanya diperbolehkan dua huruf yang ditulis sejajar maka untuk huruf yang ketiga yaitu n [ㄴ] ditulis menurun, di bawah huruf h [ㅎ] dan a [ㅏ], jadinya seperti ini: 한 [han].
  • Kedua Untuk suku kata yang ke-2 yaitu suku kata ‘gug’, terdiri dari 3 huruf g [ㄱ], u [ㅜ], dan g [ㄱ]. Di sini huruf u [ㅜ] adalah termasuk huruf vokal duduk, maka penulisannya harus menurun/di bawah setelah konsonan. Jadi pertama kita tulis g [ㄱ], lalu u [ㅜ] di bawahnya, dan untuk huruf yang ketiga dalam tiap suku kata harus selalu ditulis di bawah. Maka penulisannya menjadi 국 [gug].
  • Ketiga Untuk suku kata yang ke-3 yaitu suku kata ‘ô’,
    hanya terdiri dari satu huruf vokal yaitu ô [ㅓ]. Karena di sini huruf vokalnya berdiri sendiri, yaitu tanpa digabungkan atau diikuti konsonan sebelumnya maka penulisannya ditambah bulatan atau ㅇ[ieung] sebelumnya. Maka penulisannya menjadi 어[ô]. Di sini fungsi ㅇ[ieung] hanya sebagai pelengkap dan tidak dibaca.
Jadi, penulisan ketiga suku kata han-gug-ô bila ditulis ke dalam huruf han-geul akan menjadi 한국어 [hangugô; dibaca han-gu-gô] yang artinya adalah ‘Bahasa Korea’.
Berikut adalah contoh kosa-kata yang ditulis menurut rumus penulisan suku kata han-geul berdasarkan jenis huruf vokal dalam suku kata:
안녀하세요 = Halo/selamat pagi/siang/dll
우유 = Susu
가다 = Pergi
Catatan:
1. Cara penulisan han-geul ditulis per suku kata; berderet ke samping, dari kiri ke kanan. Dalam satu blok suku kata bisa ditulis sejajar ataupun menurun tergantung jenis huruf vokal yang mengikuti konsonannya.
2. ㅏ ㅑ ㅓ ㅕ ㅗ ㅛ ㅜ ㅠ ㅡ ㅣ, ditulis tanpa bulatan atau ㅇ[ieung] bila digabungkan atau ada konsonan di awalnya.
3. 아 야 어 여 오 요 우 유 으 이, ditulis dengan bulatan atau ㅇ[ieung] ketika berdiri sendiri atau tidak ada konsonan di awalnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar